visitkelapa.com

Wisata

Bulu Babi

Bulu babi termasuk dalam Echinodermata dengan 950 spesies yang hidup di seluruh lautan, di seluruh iklim, dan di seluruh lingkungan bentik laut. Bulu babi bertubuh bulat dengan cangkang keras, berduri, serta diameter tubuh mulai dari 3 hingga 10 cm (1 hingga 4 inci). Bulu babi bergerak perlahan, merangkak dengan kaki tabung, dan juga mendorong diri dengan duri mereka.

Morfologi

Bulu babi memiliki duri yang meliputi tubuhnya, tidak memiliki mata, serta sebagian sebagian besar merupakan pemakan rumput laut dan alga secara rakus. Meskipun alga adalah makanan utamanya, bulu babi juga memakan hewan yang bergerak lambat. Dalam rantai makanan, predator yang memakan bulu babi adalah berang-berang laut dan bintang laut, belut serigala, triggerfish, dan manusia.

Efek Terkena Bulu Babi

Duri bulu babi dapat menyuntikkan racun jika seseorang secara tidak sengaja melakukan kontak dengan bulu babi. Duri dapat putus di dalam kulit. Efek yang timbul antara lain rasa sakit langsung di lokasi, diikuti beberapa efek sistemik seperti kelemahan, kejang otot, dan kesulitan bernapas. Perendaman dalam air panas dapat menonaktifkan racun. Duri harus dihilangkan dengan hati-hati karena mudah patah. Operasi pengangkatan mungkin diperlukan jika sendi atau saraf terlibat. Profilaksis tetanus harus diberikan jika diindikasikan

Penanganan Akibat Tusukan Bulu Babi

  1. Tenangkan diri dan mencari tempat yang kondusif untuk penanganan selanjutnya.
  2. Rendam bagian tubuh yang tertusuk bulu babi ke dalam air panas/hangat. Air tersebut berfungsi untuk menonaktifkan racun dan melunakkan duri.
  3. Jika terdapat cairan antiseptik, bilas bagian yang tertusuk dengan antiseptik lalu duri dapat dicabut menggunakan pinset atau alat lain yang steril.
  4. Cuci dengan air mengalir dan sabun atau cairan antiseptik untuk membersihkan sisa-sisa racun dan mencegah terjadinya infeksi.
  5. Jika masih terasa nyeri, dapat dikonsumsi obat pereda nyeri (Novita, 2023).

Manfaat Bulu Babi

  1. Model penelitian bioteknologi
  2. Makanan lezat dan menyehatkan karena mengandung polisakarida esensial, asam lemak, protein, serat, dan vitamin.
  3. Kulit bulu babi kering dan berkapur digunakan sebagai ramuan obat tradisional untuk peradangan dan batuk berdahak.
  4. Memiliki kandungan bioaktif seperti aktivitas antimikroba, antioksidan, antikanker, anti-kelelahan, anti-ulkus dan anti-inflamasi yang tinggi (Sibiya et al., 2021).

Titik Google Maps.

Lihat Biota Lain

Ekosistem

Cemara Laut

Vegetasi Cemara Laut (Rhizopora stylosa) Rhizophora sp. merupakan salah satu jenis tumbuhan mangrove, yaitu kelompok tanaman tropis yang bersifat halophytic atau toleran terhadap garam (Irwanto,

Read More »
Ekosistem

Bulu Babi

Wisata Bulu Babi Bulu babi termasuk dalam Echinodermata dengan 950 spesies yang hidup di seluruh lautan, di seluruh iklim, dan di seluruh lingkungan bentik laut.

Read More »
Scan the code