visitkelapa.com

Vegetasi

Bakau (Rhizopora stylosa)

Rhizophora sp. merupakan salah satu jenis tumbuhan mangrove, yaitu kelompok tanaman tropis yang bersifat halophytic atau toleran terhadap garam (Irwanto, 2006). Ada tiga jenis yang tergolong dalam Rhizophora sp., yaitu R. mucronata, R. apiculata, dan R. stylosa. Rhizopora stylosa menghasilkan bunga dan buah sepanjang tahun. R. stylosa tumbuh pada habitat tanah banyak mengandung pasir atau karang..

Klasifikasi Bakau

Menurut Cronquist (1981), taksonomi tumbuhan mangrove Rhizophora stylosa sebagai berikut :

Kingdom : Plantae

Divisio : Magnoliophyta

Classis : Magnoliopsida

Ordo : Myrtales

Familia : Rhizophoraceae

Genus : Rhizophora

Species : Rhizophora stylosa

Morfologi

Tumbuhan R. stylosa memiliki morfologi berupa pohon, tinggi dapat mencapai 15 m, permukaan batang berwarna abu-abu kehitaman, bercelah halus. Daun mempunyai permukaan atas yang halus, mengkilap, ujung meruncing, bentuk lonjong dengan melebar bagian tengah, ukuran panjang 8-12 cm, permukaan bawah tulang daun berwarna kehijauan, berbintik-bintik hitam tidak merata. Karangan bunga terletak di ketiak daun, bercabang 2-3 kali, masing-masing cabang 4-16 bunga tunggal, kelopak 4, berwarna kuning gading, mahkota 4, berwarna keputihan, benang sari 8, tangkai putik jelas (stilus), panjang 0,4-0,6 cm. Buah Rhyzophora stylosa mempunyai bentuk memanjang dengan ukuran 20-60 cm dan diameternya 10-23 mm, serta meruncing pada bagian ujungnya. Akarnya berupa akar tunjang.

Manfaat Untuk Kesehatan

Menurut Purwanti (2016), tumbuhan mangrove sudah sejak dahulu digunakan oleh masyarakat pesisir untuk pengobatan tradisional. Bagian mangrove yang banyak digunakan diantaranya adalah propagul, daun dan batang. Selain itu, kulit batang, akar muda, dan daun Rhizophora stylosa juga dapat digunakan sebagai bahan sediaan farmasi untuk pengobatan mangir (jamur di lidah), luka baru, gigi sakit, lusiang, liver, dan kulit gatal-gatal (Abubakar et al., 2019). Widyanigrum et al. (2011) melaporkan bahwa beberapa organ tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan obat adalah daun, kulit batang, buah, umbi, bunga, dan akar karena mengandung senyawa saponin, flavonoid, polifenol, tannin, dan alkaloida.

Titik Google Maps.

Lihat Wisata Lain

Ekosistem

Cemara Laut

Vegetasi Cemara Laut (Rhizopora stylosa) Rhizophora sp. merupakan salah satu jenis tumbuhan mangrove, yaitu kelompok tanaman tropis yang bersifat halophytic atau toleran terhadap garam (Irwanto,

Read More »
Ekosistem

Bulu Babi

Wisata Bulu Babi Bulu babi termasuk dalam Echinodermata dengan 950 spesies yang hidup di seluruh lautan, di seluruh iklim, dan di seluruh lingkungan bentik laut.

Read More »
Scan the code